Monday 8 December 2008

"Kesehatan Itu Murah, Sakit Itu Mahal"

Oleh : Slamet Wiharto

Pada beberapa minggu yang lalu di sebuah harian ibukota, ada sebuah artikel yang berjudul kesehatan itu mahal. Siapa saja boleh berangapan demikian dan semua orang memiliki persepsi dan pandangan yang berbeda mengenai kesehatan, tetapi jangan lantas di jadikan icon bahwa kesehatan itu mahal, bila demikian maka yang memiliki tubuh sehat hanya orang- orang yang mempunyai kecukupan dan kelebihan duit dong..?

Kesehatan adalah hak semua insan yang hidup di muka bumi. Menjaga kesehatan adalah suatu keharusan. Kita sebagai insan yang diciptakan Tuhan, maka kita wajib mensyukuri apa yang telah diberikan Tuhan kepada kita. Allah, telah memberikan kita jasmani yang sempurna, maka kita wajib mensyukurinya dengan menjaga kesehatan jasmani dengan sebaik- baiknya. Kesehatan adalah milik semua orang, kesehatan tidak kenal kaya, miskin, suku bangsa, agama, dan lain sebagainya.

Menjaga kesehatan, menjaga kebersihan baik diri sendiri dan lingkungan bisa dengan jalan apa saja, salah satunya adalah dengan berolahraga. berolahraga adalah salah satu cara yang tepat untuk menjaga kesehatan. Olahraga itu relatif, ada yang mahal dan ada yang murah tergantung dari sudut pandang masing- masing. Berolahraga bisa dengan jalan apa saja, seperti berjalan kaki, berlari- lari kecil, bersepeda, senam bersama, bermain bola, fitness dan sebagainya.

Berolahraga mulai dari yang tidak mengeluarakan duit sampai dengan mengeluarakan duit atau dengan kata lain dari yang murah sampai yang mahal. Kemauan dan niatnya itu yang mahal. Menyadarkan orang untuk berolahraga itu yang susah dan tidak mudah. Kebanyakan orang akan sadar dan ingin berolahraga apabila sudah kena batunya yaitu penyakit. Sakit itu baru mahal, kalau sakit maka seluruh harta benda menjadi taruhan untuk mengobatinya. Barulah kesadaran akan menjaga kesehatan dengan berolahraga itu timbul, menjaga kebersihan diri dan lingkungan juga sangat penting.


Pada artikel di harian ibukota itu berisi dan membahas mengenai olahraga yang mahal dan melenceng jauh dari judulnya yaitu "Kesehatan Itu Mahal", dengan adanya judul seperti itu dan dengan membaca isinya maka orang atau masyarakat yang membacanya akan berpikiran bahwa untuk menjadi sehat itu harus kaya dulu, harus punya duit dulu, dan sebagainya. Seharusnya judul yang tepat untuk artikel itu adalah "Trend Fitness dikalangan Masyarakat".

"Kesehatan itu mahal kalau sakit, kalau sakit pasti harus dibayar mahal."

1 comment:

Anonymous said...

Nice Job...what a good writing. Salut buat lo Met...Produktif terus! Ajarin guwa ya biar lay out blog guwa tambah menarik... =)