Tuesday 2 December 2008

Kemajuan Olahraga Fitness Di Indonesia

Oleh : Slamet Wiharto

Olahraga fitness di Indonesia semakin hari semakin memperlihatkan kemajuannya. Olahraga ini pertama kali booming, setelah seorang atlit yang dipunyai Indonesia yaitu Ade Rai, berkiprah dan menunjukan prestasinya di dunia Internasional. Boomingnya olahraga ini di tanah air sejak tahun 1997, di tandai dengan banyaknya event- event dan kejuaran olahraga fitness dan binaraga yang diselenggarakan oleh berbagai klub fitness center yang ada di seantero nusantara. Ade Rai adalah pemrakarasa dan pencetus ide dari event- event tersebut. Ade Rai pantas untuk menyandang gelar sebagai bapaknya dunia fitness dan binaraga di Indonesia. Banyak sekali pertandingan- pertandingan olahraga fitness dan binaraga yang telah diselenggarakan sejak tahun 1997.

Banyak sekali bermunculan klub- klub kebugaran di Indonesia, baik itu skala kecil atau gym biasa maupun skala besar dan biasa disebut dengan Mega Gym. Kebutuhan akan hidup sehat adalah yang sangat utama. Memiliki badan sehat adalah yang utama. Fitness center dulunya merupakan sesuatu yang luxury dan hanya menjadi rekreasi semata, namun sekarang tidak lagi. Fitness Center adalah sarana untuk menuju sehat dan kebutuhan akan badan sehat akan terus meningkat dengan seiringnya waktu.

Olahraga fitness sangat baik untuk menjaga kesehatan badan kita dan keuntungan yang didapat dari olahraga ini cukup banyak. Dalam tesis yang di tulis oleh Slamet Wiharto, seorang lulusan master ekonomi dari Universitas Trisakti dengan judul "Bisnis & Manajemen Fitness Center Dalam Perspektif Islam", banyak sekali ditulis mengenai keuntungan olahraga ini, baik itu dari sisi ekonomi dan sisi fisiologi. Dalam tesis tersebut juga dijelaskan bahwa olahraga ini bersifat universal tidak mengenal ras, agama, suku bangsa, kaya, miskin dan sebagainya.

Mulailah untuk hidup sehat dengan olahraga fitness, tidak ada kata terlambat untuk hidup sehat, hanya kemauan dan niat yang dapat memulainya.. Hidup sehat dengan Fitness, kenapa tidak..?

No comments: