Wednesday 24 December 2008

Orasi Ilmiah Pada Malam Pelantikan Masyarakat Ekonomi Syariah

Oleh : Slamet Wiharto

Pada malam pengukuhan dan pelantikan pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) periode 2008- 20011, pada tanggal 23 Desember bertempat di ruang chandra gedung perkantoran Bank Indonesia, Menteri Negara BUMN Bapak Sofyan Djalil memberikan orasi ilmiahnya yang berjudul "Peluang Ekonomi Syariah & Solusi Menghadapi Krisis Global." Beliau mengatakan bahwa, krisis global yang terjadi saat ini adalah akibat dari sifat keserakahan yang dimiliki manusia. Bila dikaji lebih dalam melalui Neuro Ekonomi, sifat manusia ini di pengaruhi oleh otak manusia atau pikiran manusia (brain of human). Otak manusia tidak ubahnya seperti otak pada hewan. otak manusia terdiri dari limbik, korteks dan reptilian brain atau biasa dikenal dengan batang otak.

Fungsi limbik didalam otak manusia dapat mempengaruhi korteks dan batang otak atau reptilian brain. korteks adalah fungsi otak yang mempengaruhi good behavior kita, yaitu berbudi luhur dan kasih sayang, sedangkan batang otak atau reptilian brain adalah fungsi otak mempengaruhi bad habit, kekerasan, keserakahan, kejahatan, kriminalitas dan bad habit lainnya yang menyerupai dari kelakuan binatang dan itu adalah kebalikan dari fungsi korteks.

Ada penelitian yang mengatakan bahwa, para penjahat dan kriminalitas memilki batang otak atau reptilian brainya lebih besar dari korteksnya, maka mereka memiliki sifat yang jahat dan berkelakuan seperti binatang. bila orang yang memilki tingkat kestressannya tinggi maka dalam otaknya akan mengeluarkan hormon kimia yang dapat membesarkan batang otaknya, dan akan mempengaruhi sifatnya, menjadi jahat. Berbeda halnya dengan fungsi korteks. fungsi korteks merespon semua hal yang berbau kasih sayang, cinta damai.

Sistem pendidikan anak sekarang ini agak kurang tepat, karena banyak anak yang stress karena pendidikannya. anak- anak yang pintar biasanya sombong hal ini akibat dari bagaimana caranya mereka mempertahankan rangking di kelasnya, sehingga cendrung bersikap sombong dan terbaik dari yang lainnya. Sifat ini adalah sifat dari setan. Anak- anak muda sekarang tidak ingin di kritik, mereka merasa benar dan benar. Hal demikian akan mempengaruhi dari reptilian brain mereka, reptilian brain mereka akan semakin membesar dan akhirnya keserakahan menjangkiti mereka. otak manusia dipengaruhi sejak umur 1- 9 tahun, masa itulah otak anak akan tumbuh dan berkembang, maka pada saat tumbuh dan berkembang berilah respon yang positif pada anak- anak kita, seperti sentuhan kasih sayang dan cinta damai agar limbik otak dipengaruhi oleh korteks. Tidak demikian dengan budaya barat, mereka justru memisahkan anak- anak mereka untuk tidak tidur dengan orang tua sejak kecil, pada akhirnya mereka kurang kasih sayang, dan hal ini akan mempengaruhi batang otaknya. Marilah kita penuhi hidup kita dengan kasih sayang dan cinta damai, agar dijauhkan dari sifat jahat dan keserakahan.

No comments: