Wednesday 15 November 2017

Membangun Intelektualitas Dengan Membaca & Menulis


Manusia diciptakan oleh Allah SWT. memiliki kelebihan dibandingkan dengan mahluk lainnya. Manusia memiliki akal dan pikiran, akal dan pikiran inilah sebagai modal manusia untuk dapat hidup di muka bumi ini. Akal pikiran dan logika manusia yang terasah menjadikan manusia lebih pintar dan lebih baik dari manusia lainnya.

Dunia ini dihuni oleh berbagai kharakter manusia, ada yang baik, ada yang kurang baik, ada yang pintar dan ada yang kurang pintar. Kepintaran atau intelektualitas dan baiknya perbuatan seorang manusia dapat diasah dengan selalu berpikiran positif dalam menyikapi berbagai hal pada kehidupan ini. Ada hal lain untuk dapat mengasah kepintaran atau intelektualitas manusia, salah satunya dengan menulis. Menulis adalah salah satu sarana untuk dapat mengasah dan menumbuh kembangkan intelektulitas seorang manusia.

Intelektualitas manusia dapat dilihat dari buah pikirannya dan kelakuannya. Buah pikiran manusia tercipta dari berapa banyaknya manusia itu membaca pengalaman hidup, membaca buku dan lain sebagainya. Membaca pengalaman hidup sendiri maupun pengalaman hidup orang lain dengan mengamati dan mempelajarinya, biasanya akan membuahkan kelakuan yang baik, karena menjadi lebih paham mana perbuatan baik dan mana perbuatan yang kurang baik. 

Terlebih lagi di tambah dengan membaca Alquran, hadis, buku-buku, jurnal- jurnal ilmiah yang salah satunya dapat dilihat pada Lemlit Trijurnal Universitas Trisakti, sudah dipastikan intelektualitas manusia akan bertambah. Banyak membaca akan menjadikan seorang manusia menjadi  penasaran akan sesuatu hal, semakin banyak membaca sebenernya seorang manusia bertambah menjadi banyak yang tidak tahu dan menjadi penasaran, karena penasaran maka akan meneliti, mencari tahu dan menulis, yang pada akhirnya akan membuahkan sebuah tulisan dan ilmu pengetahuan baru. Mari membangun intelektualitas dengan banyak membaca dan menulis.

No comments: