Tuesday 7 November 2017

Menumbuhkan Minat Menulis Sebagai Peluang Menambah Rejeki & Keberkahan


Menulis merupakan suatu kegiatan sampingan yang dapat mendatangkan uang, apalagi kalau ditekunin, atau dijadikan profesi, misalnya sebagai penulis, selain popularitas, maka uang akan datang sendirinya. 

Masih teringat dibenak saya, yaitu sebuah blog yang di tulis oleh Muhammad Assad yaitu Note From Qatar, dulu saya selalu mengikuti tulisan-tulisannya di blog tersebut, namun dikarenakan kesibukan saya, sehingga sudah lama juga tidak mengikutinya.

Muhammad Assad menuliskan berbagai macam pengalamannya sewaktu kuliah di sana ketika mengambil jurusan Master of Islamic Economics and Finance. Banyak cerita dan pengalaman unik yang dia ceritakan, hingga akhirnya tulisan di blognya dijadikannya sebuah buku yang lumayan best seller yaitu Note From Qatar.

Muhammad Assad adalah salah satu contoh dari seorang penulis yang pada awalnya adalah hanya menuliskan pengalaman-pengalaman unik ketika dia kuliah disana, yang dia kumpulkan semua tulisan-tulisan di blognya menjadi sebuah buku. Pada akhirnya menjadi populer dan mendapatkan uang dari menjual buku.

Masih banyak kisah lainnya, seperti ada beberapa bloger yang pada awalnya hanya menulis iseng alias bercerita lewat tulisan pengalaman travellingnya di blognya dan karena tulisannya menarik dan unik, maka bloger tersebut sekarang di endorse oleh perusahaan tours and travel untuk mereview kunjungan wisatanya ke berbagai belahan dunia dan gratis, semua di tanggung oleh perusahaan tersebut, bahkan dia mendapatkan uang dari hasil reviewnya, dan itu tidak sedikit jumlah uang yang dia dapatkan.

Bila ingin menyalurkan hobby membuat tulisan, dari curhatan sampai mereview sesuatu seperti travelling dan lain sebagainya, media yg paling mudah dan gratis adalah blog gratisan seperti wordpress atau blogger. Bila ingin menulis yang temanya agak serius, bisa mengirimkan tulisannya ke media online atau media massa seperti surat kabar dan majalah. Bila ingin yang lebih serius lagi, seperti menulis hasil penelitian, ada Lemlit Trijurnal Universitas Trisakti, tinggal pilih temanya, disesuaikan dengan kebisaan dan kompetensi atau background pendidikannya, setelah hasil penelitian di dapat dan ditulis, kirim dan upload ke Lemlit Trijurnal, mudah kan. 

Ayo teman-teman di lingkungan sivitas akademika Universitas Trisakti atau siapa saja yang ingin menulis, salurkan bakat kalian, kembangkan dan manfaatkan, siapa tahu rejeki akan datang, rejeki itu bukan hanya uang, nikmat hidup, nikmat sehat dan sebagainya, kebermanfaatan tulisan akan dirasakan oleh siapa-siapa saja yang membacanya, niat baik pasti selalu diberi kemudahan Allah SWT.

No comments: