Friday 10 November 2017

Menulis Untuk Berbagi Ilmu Yang Bermanfaat dan Berpahala



Kehidupan di dunia ini tidak terlepas dari kegiatan membaca dan menulis. Membaca dan menulis adalah kegiatan sehari-hari yang biasa dilakukan, apalagi bagi seorang akademisi, pasti tidak terlepas dari kegiatan membaca dan menulis.

Membaca dan menulis dapat mereduksi kepikunan atau penyakit tua, banyak sekali riset yang mengatakan bahwa dengan membaca berita di surat kabar atau sebuah buku, maka akan terhindar dari kepikunan. Kepikunan merupakan penyakit yang sangat ditakuti pada usia lansia.

Kepikunan adalah dimana memori otak tidak dapat berfungsi dengan baik, akibat dari tidak dapat digunakannya memori otak sebagaimana mestinya. Memori otak agar dapat berfungsi dengan baik, seperti yang dikatakan para ahli adalah, dengan cara merangsangnya, yaitu dimana otak dirangsang untuk dapat berpikir dengan keras. Permainan-permainan atau biasa dibilang asah otak sangat dapat membantu merangsang berfungsinya otak dengan baik dan terhindar dari kepikunan, namun dengan hanya membaca saja penyakit pikun juga sudah bisa terhindari.

Orang yang senang membaca biasanya senang menulis atau bercerita. Bercerita akan sesuatu hal lewat tulisan, sangat menyenangkan karena tidak perlu memikirkan lawan bicara yang mendengarkan tapi tinggal menumpahkannya saja dalam tulisan.

Membaca dan menulis adalah salah satu kegiatan yang dapat merangsang logika otak menjadi tambah terasah dan tambah menjadi pintar. Menulis adalah mendokumentasikan apa yang ada dipikiran. Semua memori yang ada di dalam otak, akan terdokumentasikan dengan baik, lewat tulisan sehinnga apa dirasakan penulis dapat dirasakan juga dengan pembacanya.

Menulis memiliki dampak yang besar sampai hari kiamat, karena semua tulisan yang  terpublikasi di dunia maya akan bermanfaat sampai hari akhir dan itu ada korelasinya dengan hadis nabi, 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyatakan: “Jika seorang meninggal, terputus amalannya kecuali tiga: shadaqah yang terus mengalir pahalanya, ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakannya.” (HR. Muslim). 

Ilmu yang sudah dibagaikan melalui media dakwah, melalui blog atau online, melalui jurnal atau karya ilmiah dan melalui sebuah buku, maka pahalanya akan mengalir terus hingga akhir zaman.
Ayo, mulailah menulis melalui jurnal ilmiah dengan penelitian pada Lemlit Trijurnal Universitas Trisakti atau melalui blog pada dunia maya, dengan kreatifitas yang dimiliki. Selamat Menulis..!

No comments: